Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas 3 SD YPK IV Sburia Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester I Tahun Pelajaran 2016 / 2017

Main Author: Warwe, Lies
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9934
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA yang diupayakan melalui model pembelajaran teams games tournament (TGT) siswa kelas 3 SD YPK IV Sburia Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester I tahun pelajaran 2016 / 2017 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral, yang dikemukakan C. Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian ada dua siklus. Setiap siklus memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD YPK IV Sburya Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester I tahun pelajaran 2016 / 2017 berjumlah 28 siswa, tediri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TGT dan dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengamatan dengan instrumen tes adalah butir soal dan pengamatan adalah lembar observasi dilengkapi dengan rubrik pengukuran afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dengan persentase yaitu teknik yang membandingkan hasil belajar IPA siklus 1 dan siklus 2 berdasarkan ketuntasan hasil belajar, skor minimum, skor maksimum, dan skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar IPA tentang kondisi lingkungan yang diupayakan melalui model pembelajaran TGT siswa kelas 3 SD YPK IV Sburia Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor semester I tahun pelajaran 2016 / 2017 dengan KKM ≥ 70, terbukti. Hal ini nampak pada perbandingan hasil belajar IPA pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 berdasarkan (1) ketuntasan belajar adalah 46,23%: 75%:100% dari 28 siswa, (2) skor minimum adalah 40 : 50:70, (3) skor maksimum siklus 1 dan siklus 2 adalah 80: 90: 100, dan (3) skor rata-rata adalah 61,07: 70,00: 82,86. Penelitian ini dinyatakan berhasil ditunjukkan oleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa (100%) melebihi target yang ditetapkan dalam indikator kinerja yaitu ≥ 80% dari seluruh siswa. Saran yang diberikan, hendaknya guru mampu mendesain pembelajaran IPA melalui model pembelajaran TGT, dan melaksanakan pengukuran hasil belajar yang terdiri dari pengukuran proses dan hasil belajar.