Penggunaan Student Teams Achievement (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 SD YPK Syabes Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2015 - 2016

Main Author: Wadiwe, Hizkiel
Other Authors: Purba, Romirio Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9931
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa rendah, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan teacher center, kerjasama siswa dalam kelompok belum efektif. Untuk memecahkan masalah ini maka diterapkan STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Student team achievemet Division dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas 4 SD YPK Syabes semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode STAD. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diungkapkan, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD YPK Syabes semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD YPK Syabes yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan observasi. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji ketuntasan dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada hasil belajar IPA, ketuntasan siswa pada prasiklus adalah 53%, dan pada siklus I meningkat menjadi 69% siswa tuntas dan pada siklus II meningkat dengan 88% siswa tuntas. Hasil telah mencapai indikator yaitu 80% siswa tuntas. Dengan demikian penerapan STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD YPK Syabes.