Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Group Investigation pada Siswa Kelas 5 SD YPK Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Koibur, Aplena |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9915 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
- Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 5 SD YPK Mokmer Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor Semester 1 Tahun 2015-2016 dengan menggunakan Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart dimana dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian bertempat di SD YPK Mokmer yang terletak di jalan Bosnik Raya Desa Mokmer, Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor. Adapun jumlah siswa kelas 5 ada 25. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 5 SD YPK Mokmer Semester 1 Tahun Ajaran 2015-2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Pada kondisi awal, siswa yang sudah mencapai KKM 60 (≥60) sebanyak 13 siswa dengan persentase 52% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa denga persentase 48%. Pada pelaksanaan siklus I, siswa yang sudah tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase 68% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase 32%. Pada pelaksanaan siklus II, jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat sebanyak 19 siswa dengan persentase 76% dan siswa yang belum tuntas menurun menjadi 6 siswa dengan persentase 24%.