Peningkatan Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas 2 SD YPK Rut Yenures Kabupaten Biak Numfor – Papua dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning

Main Author: Yarangga, Alfonsina
Other Authors: Purba, Romario Torang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9911
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika di kelas 2 yang masih konvesional. Guru lebih banyak berceramah untuk menyampaikan meteri pembelajaran. Siswa tidak terlibat dalam pembelajaran. Hasil Belajar Matematika 70 % tidak tuntas. Untuk itu perlu perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi siswa kelas 2 SD YPK Rut Yenures Kabupaten Biak Numfor – Papua Semester 1 Tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan @ 2 jam pelajaran. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas 2 SD YPK Rut Yenures Kecamatan Biak Kota yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu model Discovery Learning dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes.Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif koporatif yaitu perbandingan antar siklus I dan siklus II, diagram dan perhitungan presentase. Dari hasil penelitian ini mernunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD YPK Rut Yenures kecamatan Biak Kota semester 1 tahun 2015/2016. Hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan belajar matematika dari siklus I dan siklus II. Siklus I hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 60 % dan siklus II sebesar 80 % Dengan peningkatan hasil belajar siswa