Penggunaan STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 SD YPK Yafdas Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor Semester 1- 2015/2016

Main Author: Kbarek, Alfonsina
Other Authors: Widyanti, Eunice
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9910
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas dengan alasan tidak layak untuk diterbitkan.
  • Pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dan siswa yang ditunjang dengan berbagai komponen yang terkait yang telah direncanakan secara sistematis dan terpadu oleh guru dengan harapan agar peserta didik memperoleh hasil diharapkan sesuai tujuan. Penggunaan metode STAD dilakukan oleh guru untuk merubah hasil belajar siswa ternyata tidak mudah karena hal ini terkait dengan beberapa unsur/komponen yang saling mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa diantaranya lingkungan alam, sosial budaya, instrumen pendudukan, kondisi fisiologis serta kondisi psikologis siswa. Hal tersebut berpengaruh pada hasil tes semester 1 tahun 2015/2016 dalam mata pelajaran IPA yang diikuti oleh siswa kelas 4 sebanyak 13, yang berhasil hanya 7 orang (5,76%), sedangkan 6 orang (59,61%) belum berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa 8 siswa tidak mampu menyerap pelajaran dengan metode mengenal jenis daun pada tumbuhan pada mata pelajaran IPA kelas 4 Semester 1 SD YPK YAFDAS. Berpijak pada kegagalan tersebut maka perlu diadakan kegiatan remedial (perbaikan) dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi tersebut melalui tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus.Data yang diperoleh dari hasil analisis pembelajaran 2 siklus tersebut yakni siklus 1 berhasil 2 orang (5,76%) dan pada siklus 2 berhasil 5 % (38,46 %). Pembahasan terhadap hasil perbaikan pembelajaran tersebut mengindikasikan bahwa penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPA dengan materi jenis daun pada tumbuhan kelas 4 Semester I dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode STAD dengan media pembelajaran dan alat peraga yaitu berbagai daun dan kertas gambar-gambar serta alat tulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara klasikal siswa kelas 4 SD YPK YAFDAS dapat menguasai materi tersebut dengan baik. Dengan demikian disarankan agar guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran IPA atau mata pelajaran lainnya dapat menerapkan kaidah-kaidah PTK, keterampilan dasar mengajar, metode dan media belajar dengan memahami berbagai faktor kesulitan belajar.