Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Semester II pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri Dukuh 02 Salatiga Kecamatan Sidomukti Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Yeni, Selvia
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/991
Daftar Isi:
  • Penggunaan model pembelajaran konvensional masih sering digunakan guru di lapangan hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah, maka perlu dilakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teamsachievement division (STAD) terhadap hasil belajar. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas IV semester II pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Dukuh 02 Salatiga dan SD Negeri Dukuh 05 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini menggunakan model nonequivalent control group designyaitu jenis penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana menggunakan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Postest). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di dua SD yaitu SD Negeri Dukuh 02 Salatiga sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division (STAD), dan kelas IV SD Negeri Dukuh 05 Salatiga sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Samples t Test pada signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 6,921 > t tebel 2,01. Untuk nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen yaitu 79 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 69 maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teamsachievement division (STAD) efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.