Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VI MI Taris Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Utami, Sri |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9884 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelasVI MI TARIS Raci Batangan Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Kurt Lewin yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasiserta refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes evaluasi, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran Problem Solving, yang terdiri atas lima fase yakni orientasi siswa kepad masalah, mengorganisasikan siswa, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI MI Taris Raci Batangan Pati. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada prasiklus, siswa yang berada pada kategori tuntas dengan mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 8 siswa (33,33%) meningkat menjadi 12 siswa (50%) pada siklus 1dan pada siklus 2 meningkat menjadi 23 siswa (95,83%). Selain itu terjadi peningkatan rata-rata kelas dari rata-rata 64,79 sebelum tindakan, meningkat menjadi 67,08 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 83,13.