Pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga
Main Author: | Wardhani, Tiara Pola |
---|---|
Other Authors: | Prihatnani, Erlina, Kriswandani |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9878 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kancing gemerincing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga (92 siswa) yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh dua kelompok sampel yaitu siswa kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIIA sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah siswa untuk masing-masing kelompok sampel 23 siswa. Hasil uji beda rerata nilai pretest diperoleh nilai signifikansi 0,747 (lebih dari 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi awal hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam kondisi seimbang. Berdasarkan hasil uji beda rerata nilai posttest diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kedua kelompok sampel dan karena rata-rata siswa pada kelompok eksperimen (83,35) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (70,22), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kancing gemerincing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga.