Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu Media LKS pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga

Main Author: Purwaningsih, Sri
Other Authors: Prihatnani, Erlina, Mampouw, Helti Lygia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9869
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media LKS pada materi kubus dan balok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (82 Siswa). Pengambilan sampel dengan cluster random sampling menghasilkan siswa kelas VIII B (28 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A (27 siswa) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan the randomized control group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, penilaian LKS, observasi, dan tes. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari instrumen lembar penilaian LKS, observasi guru, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan Shapiro-Wilk, uji homogenitas dengan Levene, dan uji rerata dengan independent sample t-test. Uji independent sample t-test menyimpulkan bahwa kondisi awal kedua kelompok sampel seimbang untuk tingkat signifikan 5%. Adapun kondisi akhir menghasilkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen (82,04) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (75,07), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu media LKS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga.