Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sraten 01 Salatiga Semester II Tahun 2011/2012

Main Author: Natal, Natalia
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/983
Daftar Isi:
  • IPA berhubungan dengan cara mencari tahutentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kesimpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan sehingga sulit dipahami siswa. Siswa tidak berani menjawab pertanyaan dari guru pada awal pembelajaran, siswa tidak berani bertanya, konsentarsi siswa dalam pembelajaran rendah, hanya siswa tertentu saja yang aktif didalam diskusi kelas dan siswa cenderung lupa pada pelajaran yang sudah diberikan.Hal itu disebabkan guru kurang kreatif dalam mengajar, hanya berceramah saja, media kurang lengkap, pendekatan kurang bervariasi serta belum menggunakan pendekatan yang menarik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPA mengenai Perubahan Kenampakan Pada Bumi dan Benda Langit terhadap hasil belajar siswa.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sraten 01 Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).Siklus I dan siklus II dilaksanakan pada bulan Maret 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Sraten 01 Salatiga Semester II tahun pelajaran 2011/2012.Sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar siswa dalam kelas yaitu 52% atau 12 siswa. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 74% atau 15 siswa. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa meningkat mencapai 89% atau 18 siswa.