Deskripsi Pemecahan Masalah Persamaan Linear Dua Variabel oleh Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Taksonomi Solo
Main Author: | Yuslanti, Ilmi |
---|---|
Other Authors: | Mampouw, Helti Lygia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9803 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah persamaan linear dua variabel oleh siswa SMP berdasarkan perbedaan kemampuan matematika ditinjau dari Taksonomi SOLO. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang masing-masing dikategorikan berdasarkan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa berkemampuan matematika tinggi, siswa hanya dapat mengerjakan pada level relasional. Pada siswa berkemampuan matematika sedang, siswa hanya dapat mengerjakan pada level multistruktural saja. Dan pada siswa berkemampuan matematika rendah, jawaban siswa tidak ada yang berhubungan dengan level pada Taksonomi SOLO. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuka ruang untuk penelitian selanjutnya tentang pemecahan masalah yang berkaitan dengan perbedaan kemampuan matematika siswa yang berkaitan dengan Taksonomi SOLO. Selain itu juga diharapkan dapat membantu siswa untuk mengembangkan potensi kemampuan pemecahan masalah belajar yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal uraian yang berhubungan dengan persamaan linear dua variabel berdasarkan level Taksonomi SOLO.