Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV bagi Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 7 Salatiga Melalui Model Paikem Gembrot Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

Main Author: Octavia, Feni
Other Authors: Kriswandani, Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2017
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9799
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika pada materi SPLDV bagi Siswa Kelas VIII G SMPN 7 Salatiga melalui Model PAIKEM GEMBROT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Kondisi ini perlu diperbaiki karena nilai rerata yang diraih siswa masih rendah, yakni 42,53 dengan seluruh siswa belum tuntas. Untuk keaktifan belajar awal siswa juga masih rendah yakni 32,14%. Berdasarkan hasil Siklus 1, terdapat peningkatan sebesar 82,15% untuk ketuntasan belajar dan 32,14% untuk keaktifan belajar jika dibandingkan dengan hasil pra siklus. Hal ini ditunjukkan dari hasil Siklus 1 dimana nilai rerata siswa sebesar 74,64 dengan ketuntasan sebesar 82,15% dan mayoritas siswa berada di tingkat keaktifan belajar tinggi dan sedang sebesar 64,28%. Begitu juga untuk hasil Siklus 2 yang juga mengalami peningkatan sebesar 17,85% untuk ketuntasan belajar dan 17,86% untuk keaktifan belajas jika dibandingkan dengan hasil Siklus 1. Hal ini ditunjukkan dari hasil Siklus 2 dimana nilai rerata siswa sebesar 83,92 dengan ketuntasan sebesar 100% dan mayoritas siswa berada di tingkat keaktifan belajar tinggi dan sedang sebesar 82,14%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII G SMPN 7 Salatiga.