Analisis Tipe Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII C SMP Kristen Satya Wacana Salatiga
Main Author: | Cahyanto, W. Krista Petandra |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti, Linawati, Lilik |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9796 |
Daftar Isi:
- Materi operasi bilangan pecahan menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi bilangan pecahan berdasarkan analisis Newman dan mengetahui hasil dari pengaruh pemberian scaffolding berdasarkan tingkatan menurut Anghileri. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII C SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Data kesalahan subjek diperoleh dari hasil jawaban tes, setelah itu dianalisis dan dikategorikan berdasarkan tipe-tipe kesalahannya, kemudian tiap kesalahan akan diberikan scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah pada kesalahan tipe process skill error, kesalahan ini terjadi sebanyak 41 kali kesalahan (85%). Kesalahan yang dilakukan subjek meliputi kesalahan dalam menghitung hasil perkalian dan pembagian, kesalahan konsep mengubah bentuk pecahan campuran ke pecahan biasa, dan kesalahan menggunakan konsep perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Pemberian scaffolding tingkat 2 berdasarkan Anghileri, yaitu explaining, reviewing, and restructuring pada semua tipe kesalahan yang dilakukan subjek penelitian menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan tidak terjadinya pengulangan kesalahan yang dilakukan subjek saat diberikan soal tes dengan materi yang sama setelah pemberian scaffolding.