Analisis Kesalahan Menurut Newman dan Pemberian Scaffolding pada Materi Luas Segitiga dengan Aturan Sinus dan Cosinus bagi Siswa XI MIA 1 SMA Kristen Satya Wacana Salatiga
Main Author: | Putri, Jessica Diana |
---|---|
Other Authors: | Kriswandani, Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9787 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal essay tentang luas segitiga dengan aturan sinus dan cosines berdasarkan Teori Newman serta pemberian scaffolding sesuai dengan tipe kesalahan yang dilakukan siswa. Subjek penelitian ini sebanyak 18 siswa kelas XI MIA 1 SMA Kristen Satya Wacana Salatiga di mana subjek yang dipilih adalah semua subjek yang melakukan kesalahan. Teknik analisis ini menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap, data redution, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan subjek pada tipe kesalahan I (reading error) sebesar 3,80%, tipe kesalahan II (comprehension error) sebesar 15,19%, tipe kesalahan III (transformation error) sebesar 32,91%, tipe kesalahan IV (process skill error) sebesar 44,30%, dan yang terakhir tipe kesalahan V sebesar 3,80%. Pemberian scaffolding yang diberikan berdasarkan pada tipe kesalahan yang dilakukan subjek. Scaffolding yang diberikan untuk tipe I adalah explaining dan reviewing. Scaffolding yang diberikan pada tipe II yaitu explaining dan reviewing. Scaffolding yang diberikan pada tipe III yaitu explaining, reviewing, restruckturing, dan developing conceptual thinking. Scaffolding yang diberikan pada tipe IV yaitu explaining, reviewing, restruckturing, dan developing conceptual thinking. Scaffolding yang diberikan pada tipe V yaitu explaining, reviewing, restruckturing, dan developing conceptual thinking.