Pengaruh Penggunaan Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I SD Negeri Kecandran 01 Kecamatan Sidomukti Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Susanti, Susi
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/977
Daftar Isi:
  • Hasil belajar dapat dijadikan tolak ukur seberapa jauh pencapaian siswa dalam menguasai materi yang diberikan selama selama kegiatan belajar, yang dapat digunakan oleh guru untuk mengetahui pencapaian keberhasilan guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan cerita bergambar dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Kecandran 01 Kecamatan Sidomukti Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu, penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini menggunakan model pretest-postest yaitu penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan menggunakan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Postest). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I di dua SD yaitu SD Negeri Kecandran 01 Salatiga sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa yang menggunakan model pembelajaran cerita bergambar, dan kelas 1 SD Negeri Dukuh 03 Salatiga sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan konvensional. Analisis data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran cerita bergambar dengan metode pembelajaran konvensional ditemukan bahwa t-hitung untuk pretest pada kelompok eksperimen senilai -5.292 dengan tingkat signifikasi lebih kecil dari 0.005 yaitu 0.000. Sedangkan posttest pada kelompok eksperimen memperlihatkan bahwa t-hitung senilai -4.960 dengan tingkat signifikansi < 0.05 yaitu 0.000.Hasil pretest pada kelompok kontrol, diperlihatkan bahwa t-hitung senilai 0.037 dengan signifikansi sebesar 0.037 atau >0.005.Sedangkan hasil posttest pada kelompok kontrol memperlihatkan bahwa t-hitung senilai 0.037 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.970 atau > 0.05.Dengan hasil ini memperlihatkan bahwa hipotesis nol yang mengatakan tidak ada perbedaan hasil belajar ditolak dan hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar diterima.