Hubungan Motivasi Belajar dan Status Sosial Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012-2015 FKIP-UKSW Salatiga
Main Author: | Suciana, Ririn |
---|---|
Other Authors: | Sadjiarto, Arief |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9734 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012-2015 FKIP-UKSW Salatiga. Tujuan Penelitian untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, untuk menganalisis hubungan status sosial orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa, untuk menganalisis hubungan motivasi belajar dan status sosial orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2012-2015 FKIP UKSW Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 117 mahasiswa dan sampel sebanyak 54 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel propotionate random sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS 16.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi Belajar (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) terdapat hubungan positif pada kategori rendah antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa PE FKIP-UKSW Salatiga Hal ini ditunjukan dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,367. Sedangkan tingkat untuk signifikansi menunjukan bahwa sig.(1-tailed) atau signifikansi satu sisi menunjukan angka sebesar 0,003. Artinya menunjukan bahwa ada signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, karena α < 0,05 (0,003 < 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa Status Sosial Orang Tua (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) terdapat hubungan positif pada kategori rendah antara status sosial orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa PE FKIP-UKSW Salatiga. Hal ini ditunjukan dari hasil korelasi koefisien sebesar 0,262. Sedangkan tingkat untuk signifikan menunjukan menunjukan bahwa sig.(1-tailed) atau signifikansi satu sisi menunjukan angka sebesar 0,028. Artinya menunjukan bahwa tidak ada signifikansi hubungan antara status sosial orang tua dengan prestasi belajar, karena α > 0,05 (0,028 > 0,05).