Pengaruh Penggunaan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Dames, Poppy |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/973 |
Daftar Isi:
- Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu setiap individu yang terlibat dalam pendidikan dituntut berperan serta secara maksimal guna meningkatkan mutu pendidikan tersebut. Pendidikan mencakup pembelajaran dan pengajaran. Dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa komponen, dua diantaranya adalah guru dan siswa. Agar proses pembelajaran berhasil, guru harus berperan secara aktif, diantaranya dalam hal mendorong siswa untuk aktif belajar dan memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode scramble terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 02 Salatiga tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design, sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidorejo Lor 02 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 orang dan SDN Sidorejo Lor 07 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 orang. Dalam penelitian ini semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes (pretes dan postes), metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu Uji Linearitas dan Uji Homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan ada nya perbedaan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 71,36 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil posttest kelas kontrol 63,00 Uji t menunjukan signifikansi 2,721 dengan probabilitas 0,009 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran IPS yang menggunakan metode scramble dengan pembelajaran IPS yang menggunakan pendekatan konvensional. Pembelajaran menggunakan metode scramble juga dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar melalui kompetensi individu, dan berpengaruh baik pada hasil belajar siswa. Suasana belajar yang di timbulkan dalam pembelajaran juga lebih menyenangkan dan dinamis karena siswa menjadi lebih aktif, tidak mudah bosan, antusisas dalam mengikuti pelajaran dan mendapat kesempatan untuk dapat saling bertukar pikiran sehingga dapat menghilangkan rasa malas dalam belajar IPS.