Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Lor 03 Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun 2011/2012

Main Author: Sunario, F.
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/969
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Game Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest kepada siswa kelas V SD Negeri Kauman Lor 01 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V SD Negeri Kauman Lor 03 sebagai kelas eksperimen yang kemudian data tersebut menjadi sampel dalam penelitian. Data pretest kedua kelas tersebut digunakan untuk kepentingan uji homogenitas. Dari hasil uji homogenitas antara kedua kelas tersebut adalah menujukan bahwa kedua kelas adalah homogen dengan tingkat signifikan yang diperoleh yaitu lebih dari 0,05 yaitu 0,925. Selanjutnya data dari hasil posttest kedua kelas tersebut digunakan untuk kepentingan uji hipotesis, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Game Tournamen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program perhitungan SPSS for window versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Kauman Lor 03. Hal tersebut ditunjukkan oleh rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai posttest siswa kelas kontrol, yaitu 87,22 > 67,48. Perbedaan rata-rata (mean difference) dari rata-rata nilai posttest antara kedua kelas tersebut sebesar 12,739, dimana t hitung 3,678 > t tabel 2,017 dengan tingkat signifikan 0,001 yang < 0,05), maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Kauman Lor 03.