Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Ilmu pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri Watuagung 01 Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun 2011/2012

Main Author: Yusup, Martin
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/968
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media macromedia Flash 8.0 terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dalam bentuk Noneequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes terhadap siswa kelas IV SD Negeri Watuagung 01 dan 02 yang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis data menggunakan Regresi linier sederhana dengan bantuan program perhitungan SPSS for window versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media macromedia Flash 8.0 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV SD Negeri Watuagung 01. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil analisis uji t-test, hasil t-hitung menunjukkan angka 2,421 yaitu lebih besar dari t-tabel yaitu 2,032 (lihat t-tabel pada lampiran), dengan signifikansi 0,021 < 0,05 yang berarti pengaruh penggunaan media Macromedi Flash 8.0 dalam pembelajaran adalah signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil posttest siswa, yaitu untuk kelompok eksperimen 72,4667 dan untuk kelompok kontrol 62,0476, dengan perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 10,41905 dan rentangan perbedaan yang cukup tinggi yaitu berkisar 1,67411 sampai 19,16398 (lihat pada tabel 4.11 Independent Samples Test untuk lower dan upper).