Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas V SD Koripan 04 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Semester I Tahun Pelajaran 2015-2016

Main Author: Suyana
Other Authors: widiarto, Tri, Sunardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9676
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri Koripan 04 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Koripan 04 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan model pembelajaran Make a Match dan keaktifan siswa didalam mengikuti proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar IPS yang diperoleh siswa dari kondisi awal. Pada kondisi awal 57,19; kemudian pada siklus pertama 69,52; menjadi 76,38 pada siklus kedua. Kemudian adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 25,92%; dan pada tes siklus pertama 70,37%; kemudian pada siklus kedua menjadi 90,48%.
  • The Purpose of this reseagerch is: to increase Social Studie’s learning outcomes using Make A Match learning system to 5th graders of SD Negeri Koripan 04 Susukan Subdistrict Semarang District. This research uses planning, acting, observing, and reflecting cycle, and 5th graders of SD Negeri Koripan 04 Susukan Subdistrict Semarang as research subjects. This research uses observation, written test, and documentation. Observation is being used to gather information about students’ activity in teaching and learning procces. As the result of this research, it is concluded that there is improvement in students social studies’ learning outcomes. In the beginning of the test, students got 57,19 points, 69,52 on first cycle, and 76,38 on second cycle. There is also improvement on students’ learning percentage from 25,92% on the beginning of the test, 70.73 on first cycle, and 90,48% on second cycle.