Efektivitas Penggunaan Metode Brain Gym terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Andre, Yudi
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/967
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran IPA, hal ini berdasarkan survey dan observasi peneliti selama melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu faktor yang yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran IPA yaitu, karena guru hanya menerapkan metode yang monoton yaitu metode konvensional yang kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran IPA peneliti mencoba menerapkan penggunaan metode Brain Gym dalam proses pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Brain Gym terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kalibeji yang berjumlah 24 siswa. Mata pelajaran yang diteliti adalah IPA (Cahaya dan sifat-sifatnya). Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu/kuasi (Quasi Eksperimental Research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Pembelajaran pertama menggunakan metode konvensional, pembelajaran kedua dan ketiga menggunakan metode Brain Gym. Dalam penelitian eksperimen ini menggunakan desain One Group Pre-Test – Post Test Design yaitu jenis penelitian yang menggunakan satu kelompok, dengan cara melakukan satu kali pengukuran diawal sebelum adanya treatment dan setelah itu dilakukan pengukuran lagi yaitu pengukuran akhir untuk mengetahui kondisi akhir setelah diberikan treatment metode Brain Gym, adapun analisis data menggunakan uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired Samples T-Test) dengan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Brain Gym dalam pembelajaran IPA lebih efektif terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II tahun pelajaran 2011/2012. Kesimpulan ini didukung oleh hasil rata-rata pengukuran awal sebelum diterapkan metode Brain Gym sebesar 120.38 dan setelah diterapkan metode Brain Gym menjadi lebih meningkat yaitu sebesar 121.88, hasil uji hipotesis dengan nilai t hitung < t tabel (-4.338 < 2.069 ) dan signifikansi 0.000 < 0.05 hal ini menunjukkan hasil yang sangat signifikan.