Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD(Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jebengsari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Iknasius
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/966
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di dua SD yaitu SD Negeri Jebengsari sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dan kelas IV SD Negeri Beteng sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang di teliti adalah IPA (Kenampakan Bumi dan Benda Langit). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester II tahun ajaran 2011/2012. Dalam penelitian eksperimen ini menggunakan model pretestpostest control group design yaitu jenis penelitian yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan menggunakan Tes awal (Pre-Tes) dan tes akhir (Post-Tes). Analisis data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini setelah dilaksanakan analisis data hasil dari uji t-tes diketahui nilai t adalah 3,940 dengan probabilitas signifikan 0.00<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Perbedaaan rata-rata berkisar antara 5,87494 sampai 18,17813 dengan perbedaan rata-rata 12.02653. Dilihat skor rata-rata hitung prestasi belajar, siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai skor rata-rata hitung 83,49 siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional mempunyai rata-rata hitung 71,46 dari hasil uji t-test disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Jebengsari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.