Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inquiri Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Salatiga 12 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Benedikta |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/965 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dengan kenyataan yang ada dilapangan, siswa masih terlihat kurang aktif, sibuk bermain sendiri dan kurang antusias pada saat guru menerangkan materi pelajaran. Salah satu faktornya adalah metode yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional sehingga membuat siswa malas berpikir dan kurang kreatif, maka dari itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa yaitu menggunakan pembelajaran kontekstual dengan metode inquiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode Inquiri terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 12 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 12 yang berjumlah 37 siswa. Analisis perbedaan menggunakan uji dua sampel tidak berpasangan (Independent sample T-Test) dengan bantuan SPSS 16 for windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode inquiri terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor total minat belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 45,81 lebih besar daripada rata-rata skor total minat pada kelompok kontrol sebesar 39,31 dengan besarnya nilai t adalah 7,595 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,30 lebih besar daripada rata-rata skor hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 61,71 dengan besarnya nilai t adalah 5.606 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000<0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan metode inquiri efektif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 12 tahun pelajaran 2011/2012.