Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Salatiga
Main Author: | Nopi |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/962 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variable terikat hasil belajar IPS dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan pembelajaran konvensional. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Posttest Kontrol Group Design. Subjek penelitian sebanyak 55 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan test. Data dianalisis dengan menggunakan independent sample t test pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil perhitungan penelitian ini didapat nilai t senilai 7.232 dengan tingkat signifikasi lebih kecil dari 0.005 yaitu 0.000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil keputusan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, hasil belajar IPS siswa kelas V SD yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads Together) pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Disarankan guru dapat lebih memotivasi siswa untuk lebih mengembangkan keterampilan kooperatif atau bekerja sama dalam kehidupan bermasyarakat siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) perlu terus dikembangkan dan diterapkan pada pokok bahasan yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini. Salah satu pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan.