Penggunaan Metode Fast Feedback Model Rainbow Card Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Suhu dan Kalor

Main Author: Purnamasari, Ni Putu Dian
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Sudjito, Debora Natalia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9605
Daftar Isi:
  • Evaluasi digunakan untuk mengetahui apakah siswa sudah paham akan suatu materi ajar yang sudah diajarkan. Namun yang terjadi guru-guru seringkali mengevaluasi siswa setelah 1 bab sampai 2 bab selesai dahulu. Sehingga kesalahan siswa terlambat untuk diketahui (slow feedback). Untuk itu perlu digunakan metode umpan balik cepat (fast feedback) yaitu metode koreksi cepat yang dapat membantu guru untuk mengoreksi dan mengetahui hasilnya saat itu juga. Metode fast feedback dapat dilakukan guru sesering mungkin dan tidak menghabiskan banyak waktu sehingga dapat dilakukan berkali-kali dalam satu pertemuan.Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh umpan balik (feedback) secara cepat dan mengembangkan model baru dari metode fast feedback model rainbow card dalam pembelajaran fisika tentang suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model guru sebagai peneliti. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa fisika berjumlah 32 mahasiswa. kartu tugas dikerjakan secara individu. Jika jumlah mahasiswa yang menjawab benar =70%, maka diberikan tugas baru. Jika jumlah mahasiswa yang menjawab benar <70% dilakukan pembelajaran. Demikian seterusnya sampai tugas selesai. Analisa dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: diperlukan 1 siklus feedback pada setiap tahap pembelajaran. Waktu untuk melakukan 1 siklus feedback adalah <10menit. 80-100% mahasiswa aktif merespon tugas yang diberikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode fast feedback dengan model rainbow card efektif digunakan sebagai umpan balik cepat
  • Evaluation used to see if students have understand the teaching material that had been taught. But usually, teachers evaluate students after one until two chapter finished, it causing the teachers may become late for knowing if students make mistakes (slow feedback method). So, method of fast feedback (fast feedback method) is needed. Fast feedback is a method of fast correction that can help teachers to correct and find its result at that moment.Fast feedback method can be done by teachers as often as possible and it is not spend much time so that can be done many times in one meeting. the goal of this research is receiving feedback quickly and develop new models of the fast feedback method with rainbow model card in learning physics about temperature and heat engine. Research method using Penelitian Tindakan Kelas (PTK) with teachers as researchers.The sample used 32 students of physics students. Cards duty is done individually. If the number of students who answered right is =70%, they will recieve a new assignment. If the number of students who answered right is <70% so learning is done. it will done until the tasks is done. the analysis done by qualitative descriptive. The results of research shows: it needs one feedback systems cycle for every stage of learning. estimate time to make one feedback systems cycle is < 10 minutes. from 80 to 100 % active students respond to a task assigned. So the conclution is fast feedback systems method with rainbow card is effective for fast feedback. Key words : Feedback, Fast feedback, Rainbow card