Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SD Negeri Kecandran 01 Gugus Gajahmada Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Katalina
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/960
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V SDN Kecandran 01. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas di dua SD, yaitu SDN Dukuh 03 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional dan kelas V SDN Kecandran 01 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Mata pelajaran yang diteliti adalah IPA ( Cahaya dan Sifat-sifatnya). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Kelas eksperimen dalam pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperative tipe STAD, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam eksperimen ini yang menggunakan model pretest-postest control gruop desain yaitu jenis penelelitian yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan menggunakan tes awal pre-test dan akhir pos-test. Setelah dilaksanakan analis data hasil dari uji t-tes diketahui nilai t adalah 7,745 dengan probabilitas signifikan 0.00<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Perbedaaan rata-rata berkisar antara 9,39755 sampai 16,00816 dengan perbedaan rata-rata 12,70286 Dilihat skor rata-rata hitung prestasi belajar, siswa yang pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai skor rata rata 10,04. Sedangkan pembelajarannya menggunakan metode konvensional mempunyai rata-rata hitung 04,81. Hasil penelitian ini menyatakan adanya pengaruh yang signifikan dengan mengunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Konvensional, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SDN Kecandran 01 Gugus Gajahmada Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.