Pengaruh penerapan model pembelajaran time token terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri Tlogo semester genap kecamatan tuntang kabupaten semarang tahun pelajaran 2011/2012

Main Author: Sendiko, Yenni
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/958
Daftar Isi:
  • Penelitian ini Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran PKN SDN Teloga dan SDN Watuagung 2. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas di dua SD, yaitu SDN Tlogo sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dengan penerapan model pembelajaran time token dan kelas IV SDN Watuagung 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Mata pelajaran yang diteliti adalah PKN (Globalisasi). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Dalam eksperimen ini yang menggunakan model pretest-postest control group desain yaitu jenis penelitian yang digunakan dua kelompok yaitu kelompok kontrol eksperimen dan kelompok kontrol, dan menggunakan tes awal pretest dan akhir postest. Setelah dilaksanakan analisis data hasil daru uji t-tes diketahui nilai t sebesar 7,644 dengan probabilitas signifikan 0.00<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran penerapan model pembelajaran time token dengan pembelajaran konvesional. Perbedaan rata-rata berkisar antara 12,36772 sampai 21,22467 dengan perbedaan rata-rata 16,79619 dilihat dari skor rata-rata hitung hasil belajar, siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran time token mempunyai skor rata-rata 19,64, sedangkan pembelajaran mengunakan metode konvesional nilai rat-ratanya yaitu 3,24. Hasil peneliian ini menyatakan adanya pengaruh penerapan yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran time token dan konvesional, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN Tlogo kecamatan tuntang kabupaten semarang tahun pelajaran 2011/2012.