Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Kanisius Cungkup Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Erlin
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/955
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi model siswa yang aktif dalam belajar adalah model pembelajaran yang bisa mengembangkan rasa ingin tahu yang tinggi. Model pembelajaran itu adalah model pembelajaran snowball throwing, yaitu pembelajaran yang dilakukan untuk memecahkan atau membuktikan suatu teori, meliputi memperhatikan dan mencoba sehingga diperoleh data yang kemudian dipergunakan untuk menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Kanisius Cungkup Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II tahun pelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Kanisius Cungkup Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimental (Eksperimental Research), metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu/kuasi. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini ada tiga yaitu observasi, tes dan dokumentasi sedangakan instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Data siswa diperoleh dari data semester II tahun pelajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas namun ada dua metode yang digunakan yaitu guru mengajar seperti biasa (Konvensional) dan menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test- Post Test yang hanya memiliki dua set data hasil pengukuran yaitu pretest (O1) dan pengukuran posttest (O2). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran snowball throwing pokok bahasan Pengurangan Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif dengan Garis Bilangan. Kesimpulan ini didukung oleh hasil rata-rata pengukuran awal sebelum diterapkan model pembelajaran snowball throwing sebesar 74.50 setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing sebesar 82.67, hasil uji hipotesis dengan nilai –t hitung <-t tabel (-2.653<2.069) dan signifikansi 0.001 <0.05 hal ini menunjukan hasil yang sangat signifikansi sehingga terdapat Pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing.