Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 01 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Monika, Kristina |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/954 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 01 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II tahun Pelajaran 2011/2012�. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 01 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II tahun Pelajaran 2011/2012�. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Nampu dengan jumlah 24 siswa. Analisis perbedaan menggunakan analisis Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS 16 for Windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps (think pair share) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan control. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 79,88 lebih besar daripada rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelompok kontrol sebesar 56,79. Sedangkan perbedaan rata-rata (mean diference) sebesar 22,089 (78,88 – 56,79) dan perbedaan berkisar antara 16,562 sampai 27,617. Besarnya nilai t adalah 8,027 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, karena besarnya t hitung 8,027 > dari t tabel 2, 009 maka hipotesis yang diajukan diterima berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara nilai posttest kelas kontrol dengan nilai posttest kelas eksperimen yang artinya terdapat Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 01 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012�.