Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 06 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga

Main Author: Romanus B
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/952
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul â€�Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 06 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2011/2012â€�. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IV pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 06 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga melalui model pembelajaran kooperatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sidorejo Lor 06 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Dalam penelitian ini indikator kinerja yang diajukan yaitu 75% tuntas diatas nilai KKM (63). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dilakukan dalam dua kali pertemuan dan siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal berdasarkan hasil pretes siswa yaitu 42,3% tuntas di atas nilai KKM (11 tuntas dan 15 tidak tuntas), pada siklus I pertemuan pertama prosentase ketuntasan 46,1% (tuntas 12 dan 14 tidak tuntas), dan pertemuan kedua meningkat menjadi 62% tuntas di atas nilai KKM ( 16 tuntas dan 10 tidak tuntas). Sedangkan siklus II pertemuan pertama prosentase ketuntasan siswa di atas nilai KKM 50% (13 tuntas dan 13 tidak tuntas), dan pertemuan kedua meningkat menjadi 80,7% tuntas di atas nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 63 (21 tuntas dan 5 tidak tuntas). Berdasarkan hasil belajar siswa ditiap pertemuan bahwa pada siklus II pertemuan kedua prosentase ketuntasan belajar siswa sudah melebihi indikator kinerja yaitu indikator kinerja 75% tuntas di atas nilai KKM sedangkan prosentase ketuntasan pada pertemuan kedua siklus II 80,7% jadi, penelitian ini sudah berhasil karena indikator kinerja sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada siswa kelas IV SDN Sidorejo Lor 06 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.