Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)
Main Authors: | Suharti, Lieli, Sirine, Hani |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle123456789/94 |
Daftar Isi:
- Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 13, No. 2, September 2011. Tersedia online di http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewFile/18329/18174
- Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menekuni dunia wirausaha. Model yang dianalisa mencakup faktor-faktor internal, faktor-faktor sikap terhadap terhadap kewirausahaan dan faktor-faktor kontekstual. Penelitian ini melibatkan sampel 225 orang mahasiswa dari 6 fakultas di Universitas Kristen Satyawacana yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil-hasil penelitian menillljukkan signiflkansi dari faktor-faktor sikap, yaitu faktor otonomi dan otoritas, faktor realisasi diri, faktor keyakinan, dan faktor jaminan keamanan, dalam mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Lebih lanjut, penelitian ini juga membuktikan peran penting dari faktor -faktor kontekstuaL seperti dukungan akademik, dukungan sosial, terhadap niat berwirausaha dikalangan mahasiswa
- This study aims to investigate factors that influence entrepreneurial intentions of college students. The analysis model includes internal factors, altitudes factors and contextual factors. The research involves a sample of 255 students from 6 faculties at Satya Wacana Christian University by using an accidental sampling technique. The results show a significant effect of the altitude factors, such as autonomy, authority, self realization, perceived confidence, and security, on the entrepreneurial intention of students. Likewise, this research also indicates the role of the contextual factors, such as academic support and social support in determining the entrepreneurial intentions of students