Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Julius |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/935 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA yang terjadi di sekolah masih didominasi guru sehingga pembelajaran yang dilakukan di sekolah kurang efektif. Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu bentuk pembaharuan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif, menarik dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di dua SD yaitu SDN Kauman Lor 03 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa yang menggunakan metode konvesional dan kelas V SDN Giling sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa yang menggunakan media pembelajaran CD interaktif. Mata pelajaran yang di teliti adalah IPA (Batuan). Data siswa diperoleh dari data semester II tahun ajaran 2011/2012. Kelas eksperimen dalam pembelajaran dengan penggunakan media pembelajaran CD interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvesional. Dalam penelitian eksperimen ini menggunakan desain model pretest-postest control group design yaitu jenis penelitian yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan menggunakan Tes awal (Pret-Test) dan tes akhir (Post-Test). Analisis data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji t-tes diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 3,542 > nilai t table sebesar 1.684 dengan probabilitas signifikan sebesar 0,001. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai signifinkasi sebesar 0,001<0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran CD inetraktif dari pada pembelajaran dengan konvensional. maka hipotesis yang diajukan diterima berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara nilai sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberikan perlakuan yang artinya terdapat Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Giling Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012