Penggunaan Metode NHT (Numbered Heads Together ) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Banyumudal 2 Kabupaten Wonosobo Smester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Winarti, Yuni |
---|---|
Other Authors: | Mulyani, Petra Kristi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/933 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan metode NHT ( Numbered Heards Together) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri Banyumudal 2 Kabupaten Wonosobo Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan,pengamatan, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I terdiri dari dua pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan menggunakan teknik analisis data prosentase .Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keaktifan dan untuk mata pelajaran IPA Kelas V Semester 2 Tahun Pelajaran 20011/2012. Melalui metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) yang akan dilanjutkan oleh peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat pada ketuntasan pada siklus I dan siklus II peneliti memberikan patokan KKM = 65 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) dari 32 siswa sebanyak 17 siswa atau 53,13% tuntas dan sebanyak 15 siswa atau 46,87 % belum tuntas. Nilai rata-ratanya adalah 66,25 sedangkan nilai tertinggi adalah 88 dan nilai terendahnya adalah 52 dan II sebanyak 36 siswa atau 100% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan. Siklus II siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) sebanyak 32 siswa atau 100% dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Nilai rata-ratanya adalah 79,75 sedangkan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendahnya adalah 68. Peneliti telah berhasil dalam menerapkan metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan memberikan patokan KKM = 65 dan ketuntasan 80% dari jumlah siswa kelas V SD Negeri Banyumudal 2 dari hasil nilai evaluasi siklus II didapatkan 100% siswa sudah memenuhi KKM. Maka saran dari penulis adalah metode pembelajaran NHT ( Numbered Heads Together) dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar. Dengan metode pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan siswa yang berdampak meningkatnya hasil belajar siswa.