Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Teori Bruner pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 4 Tanggung Kec. Tanggungharjo Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Armando, Dandi |
---|---|
Other Authors: | Sarwono, Ridha |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/931 |
Daftar Isi:
- Dalam pengajaran matematika konsep-konsepnya kebanyakan abstrak sehingga sulit diterima dan dipahami oleh siswa. Akibatnya siswa kurang berminat dalam mempelajari matematika yang pada akhirnya banyak siswa hasil belajar matematikanya menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan melalui penerapan teori Bruner dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD N 4 Tanggung. Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui Penerapan Teori Bruner. Tujuan yang akan dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan penerapan teori Bruner. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 4 Tanggung Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan sejumlah 24 orang siswa. Siswa dinyatakan tuntas jika mencapai nilai 60 (KKM : 60) dengan ketuntasan klasikal minimal 80%. Hasil penelitian pada siklus I persentase ketuntasan belajar 62,5%, jadi belum tuntas karena belum mencapai 80%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar 91,66%, sudah tuntas karena sudah mencapai ketuntasan belajar ≥ 80%. Dengan demikian pembelajaran melalui penerapan teori Bruner dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru hendaknya melakukan pembelajaran matematika khususnya yang berkaitan dengan pecahan dapat melibatkan strategi pembelajaran melalui penerapan teori Bruner agar tercipta pembelajaran matematika yang aktif, efektif dan menyenangkan.