Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran SAVI pada Siswa Kelas 4 SDN 4 Sobo Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | ugroho, Tri Wahono N |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9290 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA kelas 4 SDN 4 Sobo karena guru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan siswa bosan mengikuti pembelajaran dan mengakibakan siswa mengalihkan perhatiannya pada sesuatu yang lain. Ditunjukan dengan siswa yang nilainya dibawah KKM (75) sebanyak 62,5% . Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan hasil belajar IPA secara signifikan pada siswa kelas 4 SDN 4 Sobo. Penelitiaan Tindakan Kelas ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa, dengan karakteristik yang heterogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa lembar evaluasi dilakukan pada akhir pembelajaran sedangkan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkah-langkah model pembelajaran SAVI yang terdiri empat tahapan yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan dan tahap penampilan hasil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar IPA dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai dibawah KKM (75) sebanyak 62,5%, siklus I nilai dibawah KKM (75) sebanyak 12,5% dan siklus II nilai dibawah KKM (75) sebanyak 8,33%. Peningkatan hasil belajar ini terjadi karena model pembelajaran SAVI dapat membuat siswa antusias mengikuti pembelajaran sehingga materi pembelajaran dapat diserap siswa dengan baik. Dalam pembelajaran ini guru juga dibantu dengan alat peraga sehingga ada interaksi positif antar kelompok, berpartisipasi aktif dalam kegiatan berkelompok serta siswa berpikir untuk memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas 4 SDN 4 Sobo.