Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada Siswa Kelas V SD Negeri Balesari Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Wulandari, Ana Septi
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/929
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri Balesari Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Balesari dan kelas V SD Negeri Campuranom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran IPA kelas V pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan uji homogenitas yang dilakukan pada data hasil pretest kedua kelompok adalah 0,464 dan lebih besar dari 0,05, yang berarti kedua kelompok homogen. Hal ini berarti bahwa varian tidak berbeda secara signifikan sehingga kelompok eksperimen dapat diberikan perlakuan dengan menggunakan metode demonstrasi dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumen butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu Independent Sampel T-test. Analisis data hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig adalah 0,000 yang artinya perbedaan rata-rata nilai kedua kelompok sangat signifikan. Karena tingkat signifikansi pada T-test lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang nyata terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pemanfaatan Metode Demonstrasi dan pembelajaran konvensional. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya pada Siswa kelas V SD Negeri Balesari semester II tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang diajukan kepada pendidikan Sekolah Dasar sebaiknya menggunakan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajarannya. Bagi siswa yang sudah tuntas dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan belajar lebih giat, selain itu siswa juga harus selalu berfikiran positif terhadap semua mata pelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran, namun bagi siswa yang belum tuntas (kelompok kontrol) diharapkan siswa lebih aktif lagi untuk mengikuti pelajaran. Guru dapat memanfaatkan metode demonstrasi sebagai pengayaan dan guru juga dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Kemudian bagi sekolah, hendaknya sekolah menambah alat peraga yang masih kurang.