Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial dengan Menggunakan Metode Simulasi pada Siswa Kelas III SDN Madyogondo 03 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Suprapti, Retno Ambar
Other Authors: Setyorini
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/922
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengupayakan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pokok bahasan uang dan kegiatan guru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode simulasi pada siswa kelas III SDN Madyogondo 03 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menyajikan materi aritmatika sosial pokok bahasan uang melalui penggunaan metode simulasi, memberikan hasil belajar dan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan melibatkan observer yaitu teman sejawat dan peneliti. Metode pengumpulna data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa serta kegiatan guru dalam proses belajar dan mengajar. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Metode pembelajaran simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran, dimana dalam metode ini siswa memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesunguhnya. Adapaun simulasi yang digunakan dalam siklus I adalah simulasi pertukaran uang dan pada siklus II simulasi transaksi jual beli. Kriteria kinerja dalam penelitian ini yaitu 80% dari seluruh siswa kelas III telah mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60 dan nilai rata-rata siswa ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal siswa yang nilainya memenuhi KKM terdapat 7 siswa (35%) dan yang belum memenuhi KKM terdapat 13 siswa (65%) nilai rata-rata siswa 49,75. Siklus I menerapkan metode simulasi terjadi peningkatan cukup signifikan yaitu terdapat 14 siswa (75%) memenuhi KKM dan 6 siswa (30%) belum memenuhi KKM yang ditetapkan dan nilai rata-rata siswa 70. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sangat signifikan yaitu 18 siswa (90%) tuntas atau memenuhi KKM 60 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80% siswa tuntas sedangkan 2 siswa (10%) masih belum tuntas dalam pembelajaran serta nilai rata-rata yang diperoleh siswa 75. Disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Semester II SD N Madyogondo 03 Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.