Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Salaman 1 Kabupaten Magelang Semester II Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Fatimah, Endriyani Esti |
---|---|
Other Authors: | Kurnaningsih, Yari Dwi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/921 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design dengan variabel terikat hasil belajar Matematika siswa kelas V dan variabel bebasnya adalah Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan pembelajaran konvensional. Unit penelitian sebanyak 67 siswa. Kelas VA sebagai kelas kontrol yang pembelajaranya menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan jumlah siswa 32. Instrumen yang digunakan adalah tes (pre test dan post test) dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan bantuan SPSS 16.0 for window's. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas VA sebagai kelas kontrol rata-rata nilainya adalah 78,71429. Sedangkan kelas VB sebagai kelas eksperimen rata-rata nilainya lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 89,0625. Data yang diolah yaitu dari hasil perhitungan nilai post test dikurangi nilai pre test kedua kelas. Sehingga dapat diperoleh mean 15,3125 untuk kelas eksperimen, dan 8,2857 untuk kelas kontrol. Dari pengolahan data dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t 2.831 dengan probabilitas signifikansi 0,006 < 0,05, berarti Ha diterima dan Ho ditolak, tingkat kesalahannya sebesar 0,6 %. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen dan ada peningkatan yang tinggi hasil belajar Matematika siswa kelas eksperimen antara nilai pre test (sebelum diberikan perlakuan) dengan nilai post test (setelah diberikan perlakuan). Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dengan menggunakan LKS efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas V Semester II di SD Negeri Salaman 1 Kabupaten Magelang.