Pengaruh Teknik Pembelajaran Make A Match dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester Genap di SD Imbas Gugus Bekisar Kec.Tuntang Kab.SemarangUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas V Semester II SD Kutowinangun 12 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Purwati, Meta
Other Authors: Setyorini
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/919
Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan berkolaburasi dengan guru kelas V SD Kutowinangun 12 Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi pelajaran Matematika siswa kelas V. Model pembelajaran matematika realistik merupakan model pembelajaran yang menekankan pada kebermaknaan ilmu pengetahuan. Suatu ilmu pengetahuan akan bermakna jika proses belajar melibatkan masalah realistik atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sehingga siswa dapat melatih pola pikirnya untuk memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kutowinangun 12 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 22 siswa, yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Data penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh melalui evaluasi tes dari pembelajaran pada siklus I dan II. Kemudian data yang telah terkumpul diolah dengan analisis deskriptif. Hasil belajar siswa dinyatakan meningkat jika nilai mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Kutowinbangun 12 Salatiga persentase ketuntasan kelasnya mencapai 80% dengan KKM sebesar 65. Dalam artian jika nilai hasil belajar siswa ≥ 65 maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada nilai tes pra siklus, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II sebagai berikut : Sebelum menerapkan model pembelajaran matematika realistik pada pra siklus terdapat 13 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan kelas mencapai 59,01% dengan nilai rata-rata kelas 69,95. Setelah menerapkan model pembelajaran matematika realistik pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terdapat 14 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan kelas mencapai 63,6 % dengan nilai rata-rata kelas 77,22. Kemudian setelah model pembelajaran matematika realistik di terapkan kembali pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat, terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan kelas mencapai 82% dengan nilai rata-rata kelas 85,40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik dalam mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Kutowinangun 12 tahun pelajaran 2011/2012.