Keefektifan Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Ardina, Yunia Eka |
---|---|
Other Authors: | Muryani, Sri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/917 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri Tlahap. Dalam penelitian ini sebagai kelompok eksperimen adalah seluruh peserta didik kelas VA yang berjumlah 31 peserta didik dan sebagai kelompok kontrol adalah seluruh peserta didik kelas VB SD Negeri Tlahap yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar Matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen yaitu 79,48 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok kontrol yaitu 66,56. Hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai sig. 0,001< 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas VA dengan hasil belajar peserta didik kelas VB SD Negeri Tlahap,maka treatment yang diberikan dapat berpengaruh signifikan. Hasil observasi penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada pertemuan I belum berhasil ditunjukan dengan rata-rata hasil observasi 3,85 dan pada pertemuan II pembelajaran berhasil ditunjukan dengan rata-rata hasil observasi 4,02. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) efektif digunakan dalam pembelajaran dengan ditunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan Kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yaitu 79,48 sedangkan hasil belajar kelompok kontrol yaitu 66,56.