Perbedaan Kreativitas Siswa yang Mendapatkan Strategi Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dengan yang Mendapatkan Strategi Pembelajaran Teacher Centered Learning(TCL)

Main Author: Sari, Ida Resti Nurindah
Other Authors: Murti, Heru Astikasari S.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9166
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Student Centered Learning(SCL) dengan siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Teacher Centered Learning(TCL). Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMP Alam Ar-Ridho Semarang kelas 1, 2 dan 3 sebanyak 45 orang dan siswa-siswi SMP Negeri 2 Salatiga kelas 1, 2 dan 3 sebanyak 75 orang. Untuk memperoleh data digunakan Tes Kreativitas Verbal dan Tes Kreativitas Figural yang diadopsi dari Munandar. Analisis data kreativitas figural menggunakan teknik uji beda (t-tes) dan diperoleh nilai F sebesar 3,424 dengan signifikasi (Sig.) 0,000 (p<0,05), sedangkan untuk analisis data kreativitas verbal menggunakan teknik uji beda (Npartest) diperoleh nilai F sebesar 1,15 dengan signifikasi (Sig.) 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran SCL dengan siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran TCL.
  • This research aim to explore the difference of students creativity who receive Student Centered Learning (SCL) learning strategy with students who receive Teacher Centered Learning (TCL) learning strategy. The sample selected from SMP Alam ArRidho Semarang at grade 1, 2 and 3 counted 45 students and 75 students of SMP Negeri 2 Salatiga. Verbal Creativity Test and Figure Creativity Test adopted from Munandar were used to collect the data. T-test was used to analyse data of figure creativity and the result is F value equal to 3,424 with significant (Sig.) 0,000 (p<0,05), while Npar-Test was used to analyse data of verbal creativity with significant (Sig.) 0,000 (p<0,05). That result showed there is the difference of creativity between students who received Student Centered Learning (SCL) learning strategy with whose students received Teacher Centered Learning (TCL) learning strategy.