Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Pemanfaatan Media Gambar pada Siswa Kelas V Semester II SDN Sumogawe 03 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Susanto, Berti Muryan
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/913
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pemanfaatan media gambar pada siswa kelas V SDN Sumogawe 03. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Sumogawe 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumogawe 03 Kecamtan Getasan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Sumogawe 03. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang semakin meningkat. Nilai sebelum perbaikan menunjukkan dari 27 siswa hanya 10 siswa tuntas (37%) dan 17 siswa belum tuntas (63%). Setelah tindakan yang dilakukan dapat dilihat hasil belajar pada siklus I meningkat, dari 27 siswa 17 siswa yang tuntas (67%) dan 10 siswa yang belum tuntas (37%). Hasil belajar pada siklus II pun meningkat. Dari 27 siswa 24 siswa yang tuntas (89%) dan 3 siswa yang belum tuntas (11%).