Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Lanjan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Supriyatno, Yahya Jaka
Other Authors: Sulasmono, Bambang S.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/909
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran yang terjadi di sekolah pembelajaran masih didominasi guru sehingga pembelajaran yang dilakukan di sekolah kurang efektif. Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu bentuk pembaharuan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif, menarik dan bermakna bagi peserta didik.. Guru dituntut untuk aktif dan kreatif membimbing peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media power point supaya menarik perhatian siswa sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional khususnya dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu Pre-Experimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Penelitian dilakukan di SD N Lanjan 02 kecamatan sumowono. Untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes. Sedangkan untuk analisis data terdapat analisis kesukaran soal pretes-postes, uji validitas dan reliabilitas instrumen pretes-postes, uji normalitas pretes-postes dan uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired Samples T-test) Hasil rata-rata Perhitungan pretes kelas nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40, untuk postes nilai tertinggi 90 dan terendah 55. Peningkatan rata-rata pretest dan postes adalah 9,82 , analisis data yang dilakukan dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired samples T-Test) diketahui bahwa nilai t adalah - 8.973 dengan probabilitas signifikasi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Lanjan 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Pembelajaran dengan menggunakan media Powerpoint ini diharapkan dapat digunakan oleh guru supaya membantu siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan khususnya dalam mata pelajaran IPA.