Peningkatan Hasil Belajar dan Kepemimpinan Melalui Metode Jigsaw Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN 1 Mungeng Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Mariana |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/908 |
Daftar Isi:
- kelas V SDN 1 Mungseng pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan rendahnya karakter kepemimpinan siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dan kepemimpinan dikarenakan siswa pasif saat pembelajaran berlangsung serta guru lebih banyak menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah�Apakah melalui metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Mungseng Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung?� dan “Apakah melalui melalui metode jigsaw dapat meningkatkan kepemimpinan siswa kelas V SDN 1 Mungseng?�. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kepemimpinan siswa kelas V SDN 1 Mungseng mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes pilihan ganda di akhir pembelajaran untuk mengukur hasil belajar siswa dan menggunakan angket untuk mengukur kepemimpinan siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar dan peningkatan kepemimpinan siswa kelas V SDN 1 Mungseng pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui metode jigsaw. Pembelajaran melalui metode jigsaw disajikan dalam bentuk diskusi kelompok, soal evaluasi dan angket. Saran dalam proses pembelajaran hendaknya siswa ikut terlibat aktif serta guru harus lebih kreatif dalam menyajikan metode pembelajaran yang menarik dan mampu mengembangkan karakter siswa seperti metode jigsaw. Saran tindak lanjut adalah melakukan penelitian lebih lanjut.