Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rapah 03 Banyubiru Semester 2 Tahun 2011/2012

Main Author: Pratami, Verena Natania
Other Authors: Setyorini
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/907
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Rapah 03 Banyubiru semester 2 tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Spiral Kurt Lewin dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif,karena data yang diperoleh akan di analisis adalah berbentuk kata-kata atau penjelasan dan berbentuk angka-angka. Penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Dari tolok ukur pencapaian KKM ≥70 terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara bertahap, di mana pada kondisi awal terdapat 11 siswa (41%) yang telah tuntas dalam belajarnya dengan nilai rata-rata 63,33, pada Siklus I melalui 3 pertemuan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 74,40 dan pada siklus 2 melalui 2 pertemuan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 25 siswa (93%) dengan nilai rata-rata 85,6. Peningkatan juga terlihat pada aktivitas belajar siswa yang dibuktikan melalui lembar observasi yang terdapat pada setiap pertemuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA pada SD Negeri Rapah 03 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Semester 2 tahun 2011/2012.