Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di SD Imbas Gugus Hasanudin Salatiga Semester Genap Tahun 2011/2012
Main Author: | Mulyawati, Vidya |
---|---|
Other Authors: | Sulasmono, Bambang S. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/906 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SD imbas Gugus Hasanudin Salatiga semester genap tahun 2011/2012. Untuk membuat siswa bersemangat mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar siswa optimal dibutuhkan guru yang pandai memilih dan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif adalah Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Experimen Research dengan metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen Research. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group dan teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda (uji-t) dengan bantuan program penghitungan statistik Statistical Product And Service Solution (SPSS) 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT ) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SD Imbas Gugus Hasanudin. Kesimpulan ini didukung oleh hasil Independent Samples Test diperoleh t hitung sebesar 2.349 > t tabel sebesar 2.007 dengan signifikansi sebesar 0.023 < 0.05.