Pengaruh Penggunaan Dienes Freeplay dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Semester II di SD Imbas Gugus Bekisar Tuntang Tahun Ajaran 2011-2012

Main Author: Warningsih, Sri Budi
Other Authors: Kaho, Alex Ch. D. Mira
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
TGT
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/899
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Dienes Freeplay dalam Pembelajaran Model Kooperatif tipe TGT terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Semester II di SD Imbas Gugus Bekisar Tuntang Tahun Ajaran 2011-2012 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental Research (Penelitian Eksperimen Semu). Pengambilan sampel melalui purposive sampling dan sampling jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa, yang terdiri atas 30 siswa SD N Tuntang 01 kelas kontrol, dan 32 siswa SD N Tuntang 02 sebagai kelas eksperimen. Teknik dan pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan postest. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas, uji hipotesis, dan analisis beda rerata (uji T). Uji t yang dilakukan menggunakan selisih pretest dan posttest dari kelas ekperimen dan kontrol dengan bantuan program penghitungan statistik SPSS 15.0 Windows Solution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran penggunaan Dienes Freeplay dalam Pembelajaran Model Kooperatif tipe TGT . Hal ini dibuktikan dari hasil uji t yang mempunyai nilai signifikan 0,030 < 0,05 atau berdasarkan thitung < ttabel (-2,228 < 1, 671) yang artinya ho ditolak, yang berati terdapat pengaruh Dienes Freeplay dalam model Kooperatif tipe TGT terhadap hasil Belajar Matematika.