Peningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas IV SD Negeri Jebengsari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Kusumadewi, Putri Ayu
Other Authors: Kaho, Alex Ch. D. Mira
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/897
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan ketrampilan sosial, toleransi dan prestasi belajar Matematika materi Bilangan Pecahan bagi siswa kelas IV semester II tahun ajaran 2011/2012 SD Negeri Jebengsari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan McTaggart dengan menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistik sederhana yang terdiri dari skor minimal-maksimal, dan rata-rata (mean). Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Adapun tahaptahap dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah tahap penyajian materi, tahap kegiatan kelompok, tahap tes individual, tahap penghitungan skor perkembangan individu, tahap pemberian penghargaan kelompok. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nampak ada peningkatan pada ketrampilan sosial ditandai dengan kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan mengajukan pertanyaan dan keaktifan dalam diskusi kelompok menunjukkan adanya peningkatan dari 7,09 menjadi 9,33 dari nilai maksimal yang harus diperoleh 12. Ketrampilan siswa menunjukkan angka 9,33 dan tergolong Baik Sekali. Peningkatan dalam ketuntasan belajar, yakni dari 28,58% sebelum siklus, meningkat menjadi 52,39 % pada siklus 1 dan 100 % pada siklus 2. Terjadi peningkatan rata-rata kelas dari 50,95 sebelum tindakan, meningkat menjadi 62,80 pada siklus 1 dan menjadi 89,52 pada siklus 2. Peningkatan skor minimal dari 45 pada sebelum siklus, menjadi 50 pada siklus 1, dan menjadi 60 pada siklus 2. Peningkatan skor maksimal dari 80 pada sebelum tindakan, tetap pada siklus 1 sebesar 90 dan menjadi 100 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Bilangan Pecahan bagi siswa kelas IV SD Negeri Jebengsari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.