Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVa SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Handayani, Tri
Other Authors: Kriswandani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/896
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IVa SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Semester II Tahun Ajar 2011/2012. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendukung teori-teori di bidang pendidikan tentang penggunaan metode pembelajaran aktif khususnya tipe quiz team serta sebagai masukan untuk sekolah, guru, dan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-exsperimental research). Pengambilan sampel melalui teknik Saturasi. Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas IVa SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Subyek penelitian terdiri dari 28 siswa, yakni siswa laki-laki sebanyak 9 siswa dan siswa perempuan sebanyak 19 siswa. Teknik dan pengumpulan data dengan menggunakan pretest , posttest dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, uji hipotesis, dan analisis beda rerata (uji T). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team tidak berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas IVa SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini diperkuat dari uji t-test antara nilai sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yaitu dapat dilihat dari tabel independent samples test bahwa nilai t adalah -1.354 dengan signifikasi atau probabilitas 0.181 > 0,05, yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini bermakna bahwa tidak ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar IPA. Temuan penelitian ini bertolak belakang dengan temuan yang dilakukan oleh Permatasari (2011) dan Septiningsih (2009).