Perbedaan Self Regulated Learning di Bidang Matematika pada Siswa SMA Kristen Satya Wacana (Laboratorium) Salatiga Ditinjau dari Jenis Kelamin

Main Author: Noviolla, Christina
Other Authors: Kusumiati, Ratriana Yuliastuti Endang, Wahyuningrum, Enjang
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Psikologi FPSI-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8943
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan self-regulated learning di bidang matematika pada siswa SMA Kristen Satya Wacana (Laboratorium) Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 75 siswa, yang terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 41 siswa perempuan. Alat ukur digunakan dalam penelitian ini adalah MSLQ (Motivational self-regulated learning Questionnaire). Hasil analisa data penelitian dengan menggunakan teknik independent samples t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan self-regulated learning di bidang matematika antara siswa-laki-laki dan perempuan, dengan t = -0,819 dan sig. = 0,415 ( p > 0,05)
  • This research has purposed to explore differential of mathematic self-regulated learning in high school students Satya Wacana Christian (Laboratorium) Salatiga. The population in this study were students of grade X science. The sampling technique in this research is saturated sampling. This study used a sample of the 75 students, which consisted of 34 male students and 41 female students. The subscale used in this research is MSLQ (Motivational Questionnaire self-regulated learning). The results of the analysis of research data using independent samples t-test showed that there were no differences in mathematics self-regulated learning among female and male student, t = -0.819 and sig. = 0.415 (p> 0.05)